Jumat, 16 Januari 2015

MATERI QURAN HADITS KELAS XI SEMESTER II (KTSP)

STANDART KOMPETENSI
1. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
 KOMPETENSI DASAR

1.1 Mengartikan QS al-Qashash: 79-82;





Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: "Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar".




Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu: "Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperoleh pahala itu, kecuali oleh orang-orang yang sabar".




Maka Kami benamkanlah Karun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).










Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu, berkata: "Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambanya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah)".



QS al-Israa’: 26-27, 29-30,






















QS al-Baqarah : 177















Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.



dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa


عن ابي كريمة المقدار بن معد يكرب رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلي الله عليه وسلم يقول : ما ملاء اد ميوعاء شرا من بطنه بحسب ابن ادم لقيمات يقمن صلبه فاءنكان لامحالة فثلث لطعامه وثلث لشرابه وثلث لنفسه (رواهالترمذى)
قال رسول الله صلي الله عليه وسلم ليس المؤمن بالذي يشبعوجاره جائع الي جنبه (رواه  البخارى)




Bersambung ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar